Selasa, 01 November 2016

review Anthropoid (2016)

Awalnya saya mencari film-film biografi lama yang belum saya tonton, saya pun mulai browsing di forum-forum film. Dari mulai JFK (1993), Bridge of Spies (2015) dan The Flowers of War yang semuanya sudah saya tonton, ternyata ada film baru yang menarik perhatian saya sekilas lewat poster atau gambarnya yang berlogo swastika, itulah Anthropoid (2016).

Saya memang sedikit tertarik dengan film-film perang, utamanya Nazi. Bukan! Saya bukan pengemar Adolf Hitler apalagi Neo-Nazi atau ultranasionalis, saya tertarik karena rasa penasaran saya terhadap perang yang terjadi dan mengapa manusia.. itu pun kalau boleh dianggap manusia, seperti Hitler dengan Nazi dan SSnya dianggap yang paling kejam dimuka bumi ini.

Dari komentar para netizen banyak yang positif dan membuat semakin penasaran dengan Anthropoid ini, tetapi disisi lain ada yang menyatakan “ini baru suicide squad.. semua pemeran utamanya bunuh diri” spoiler? Mungkin.. dan untungnya saya jadi tidak ikut bunuh diri juga. Dengan komentar barusan saya berpikir “arghhh ini mah palingan tentang Berlin yang sudah dikepung Sekutu & Soviet.. ia Soviet! Musuh bebucutan sekutu, terus pada bunuh diri deh”. Tetapi dengan keterangan durasi yang hanya 2jam (untuk ukuran film biografi perang biasanya lebih lama –Red) dan keterangan lokasi di Praha, Cekoslovakia membuat saya berpikir ulang “kok di Ceko, bukan Berlin? Apa yang bikin filmnya orang Ceko atau lokasi syutingnya di Ceko?” ditambah lagi ada aktor yang saya sukai di film In Time, yaitu Cillian Murphy. Dengan semua pertimbangan itu entah mengapa akhirnya film sebesar 339mb untuk kualitas 360p saya download juga, walau sempat berpikir buruk dengan ini film sampai saya diamkan selama 2hari karena lebih memilih baca novel Leo Tolstoy – Anna Karenina dulu.

Seperti kebanyakan film lainnya diawal film ada.. apaya namanya saya tidak tau kata yang tepat untuk menggambarkannya, mungkin keterangan atau sinopsis yang melatarbelakangi kejadian tersebut. Film dimulai dengan dokumenter.. asli sepertinya, yang menyatakan di bulan september 1938 ada sebuah konferensi di Munich antara Adolf Hitler dan pemimpin Perancis, Italia & Inggris Raya. Hitler mengancam untuk perang kecuali negara-negara tetangga Cekoslovakia diserahkan kepada Jerman. Menghadapi Jerman tanpa sekutu pasukan pun ditarik dan Cekoslovakia diberikan tanpa satu tembakan pun. Satu tahun kemudian Jerman menyerang Polandia dan perang pun kembali pecah, ternyata pabrik-pabrik di Cekoslovakia penting dan Nazi pun menurunkan orang ketiganya, itulah Reinhard Heydrich. Metodenya yang kejam hingga dia dijuluki The Butcher of Praha atau kalo kata subtitlenya Tukang Jagal dari Praha.

Sepertinya pikiran buruk saya dengan film ini sebelumnya salah, karena film ini diluar ekspetasi saya.. film ini begitu epic memainkan ulang kisah nyata. Anthropoid atau yang lebih tepatnya Operasi Anthropoid adalah salah satu operasi dari pemerintah Cekoslovakia yang saat itu berada di London untuk melenyapkan Reinhard Heydrich agar Jerman tau bahwa masih ada perlawanan di Cekoslovakia. Menugaskan penerjun payung Josef Gabcik (Cillian Murphy) & Jan Kubis (Jamie Dornan) yang ternyata sudah terlambat karena penerima pesan Oldrich Novak dari Organisasi Jindra kaum resisten Cekoslovakia sudah ditangkap Gestapo dan pemerintah Cekoslovakia di London tidak tau karena sinyal pemancar mereka untuk berkomunikasi perlu diganti.

Bertemu dengan kaum resisten yang tersisa yang siap membantu Operasi Anthropoid dan walau ada pula Ladislav Vanek (Marcin Dorocinski) yang menentangnya karena menurutnya dengan membunuh Heydrich itu berarti membahayakan keluarga mereka dan masyarakat Cekoslovakia yang tidak bersalah. Ladislav pun memutuskan memberitahu situasi terkini dan meminta membatalkan operasi tersebut kepada pemerintah Cekoslovakia di London dan berdasarkan situasi tersebut akhirnya Operasi Anthropoid harus dibatalkan.

Dilain pihak, ada informan yang melihat surat, bahwa ada perintah Heydrich untuk kembali ke Berlin, ditambah lagi ada pembicaraan mengenai pengiriman baru ke Paris dan lusanya juga Heydrich harus segera ke Berlin. Hajsky (Toby Jones) salah seorang dari Organisasi Jindra kaum resisten ceko yang sejak awal mendukung Operasi Anthropoid pun berpikir “sekali Heydrich ke Berlin, dia mungkin tidak kembali lagi dan mungkin pemerintah ceko di London membatalkan karena hanya ingin membuat kaum Jindra tenang”. Akhirnya mereka pun yang sejak awal ditugaskan dan mendukung misi Anthropoid, memutuskan untuk tetap melakukan operasi ini.

Diperankan dengan sangat baik oleh Cillian Murphy dan juga Jamie Dornan. Anthropoid (2016) memberikan saya wawasan baru akan sejarah, perjuangan, pengkhianatan, dendam dan cinta.


[Billy Jon]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar